Risiko dan Kepatuhan: Sertifikasi ISO untuk Keamanan Data Center Anda

Risiko dan Kepatuhan: Sertifikasi ISO untuk Keamanan Data Center Anda

By Published On: Juli 18, 2023Categories: Artikel
risk and compliance

Dalam bidang keamanan, Data Center yang berhasil mendapatkan sertifikasi ISO, menunjukkan komitmen untuk penerapan langkah-langkah keamanan yang ketat dan kepatuhan standar yang diakui secara internasional. Bersama artikel ini, kita akan membahas pentingnya sertifikasi ISO pada Data Center dan perannya dalam menjamin keamanan yang kuat untuk bisnis Anda.

Dalam lingkungan bisnis, manajemen risiko dan kepatuhan telah menjadi komponen penting bagi bisnis yang bertujuan untuk menghadapi tantangan, melindungi reputasi, dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Salah satu standar internasional untuk membantu menjaga tingkat persaingan yang setara adalah dengan mencapai Sertifikasi ISO, yang memainkan peran penting dalam membangun pondasi keamanan yang kuat dan standar kepatuhan untuk Data Center. Melalui artikel ini, kita akan melihat pentingnya Sertifikasi ISO pada Data Center dan perannya dalam memastikan praktik keamanan yang tangguh untuk bisnis Anda.

Memahami Sertifikasi ISO 

ISO (International Organization for Standardization) adalah organisasi internasional independen, non-pemerintah, yang mengembangkan standar untuk memastikan kualitas, keamanan, dan efisiensi produk, layanan, dan sistem. Sertifikasi ini memvalidasi sistem manajemen, proses produksi, layanan, atau prosedur dokumentasi, bahwa ia memenuhi kriteria yang diperlukan untuk standardisasi dan jaminan kualitas.

Sertifikasi Data Center untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi

Sertifikasi ISO untuk Data Center memerlukan pendekatan komprehensif terhadap keamanan, yang mencakup perlindungan fisik, jaringan, dan prosedural. Menurut ISO.org, mencapai sertifikasi ISO/IEC 27001 menandakan bahwa sebuah organisasi telah menetapkan sistem manajemen risiko untuk mengatasi risiko keamanan data yang terkait dengan data yang dimiliki atau ditangani. Sistem ini juga mematuhi praktik dan prinsip terbaik yang diuraikan dalam Standar Internasional.

Maka dari itu dapat dikatakan, ISO/IEC 27001 dirancang untuk keamanan informasi, dan menetapkan persyaratan untuk menetapkan, menerapkan, dan meningkatkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI). 

 

EDGE DC disertifikasi dengan ISO 27001 

Sebagai Data Center yang terinterkoneksi, kami bertujuan untuk selalu memberikan standar tertinggi di industri ini. EDGE DC kini telah tersertifikasi ISO 27001 oleh badan sertifikasi lokal dan internasional. Mari kita lihat mana yang cocok untuk bisnis Anda:

1. ISO/IEC 27001:2013 Information System Management System (ISMS)

Sebagai bagian dari platform Digital Edge, EDGE DC telah memenuhi standar industri tertinggi melalui sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 yang terakreditasi secara internasional dari Bureau Veritas. Sertifikasi ini memberikan jaminan kepada pelanggan kami, akan praktik industri terbaik dalam pengamanan kerahasiaan informasi perusahaan Anda dan menurunkan kemungkinan tingkat pelanggaran keamanan informasi.

2. SNI ISO/IEC 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI)

Jika Anda adalah perusahaan yang mengikuti regulasi bisnis di Republik Indonesia, EDGE DC juga telah memiliki sertifikasi SMKI dari CBQA Global yang diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Melalui proses sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2013, bisnis Anda dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, memperkecil potensi pelanggaran keamanan informasi, menjaga integritas data, dan memungkinkan bisnis Anda untuk memenuhi persyaratan hukum dan peraturan terkait keamanan informasi di Indonesia.

Kesimpulan

Sertifikasi ISO pada Data Center menunjukkan dedikasi terhadap praktik keamanan yang menyeluruh dan kepatuhan terhadap standar yang diterima secara global. Mencapai sertifikasi ISO 27001 adalah salah satu langkah untuk memperkuat keamanan Data Center Anda, menumbuhkan kepercayaan di antara para pemangku kepentingan, dan menawarkan keunggulan yang kompetitif. 

Dengan sertifikasi ISO/IEC 27001 yang dimiliki EDGE DC, Anda dapat mengandalkan komitmen kami yang kuat untuk melindungi data Anda dari ancaman yang terus berkembang. Standar risiko dan kepatuhan kami memungkinkan Anda untuk fokus pada bisnis Anda, dengan mengetahui bahwa data Anda terlindungi. Hubungi tim kami hari ini dan dapatkan manfaat ini.

Lihat sertifikasi EDGE DC lainnya di sini.

Share our story!

RedundancyNetwork Redundancy: Jaminan Keandalan di Dalam Data Center
cross connect in data centerJelajahi Peran Cross Connect di dalam Data Center