Apa itu Colocation Data Center? Lengkap dengan Kelebihan & Kekurangan

Memilih layanan Data Center  untuk meningkatkan performa usaha memang harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati, salah satunya mengetahui layanan yang hendak digunakan, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Berbicara tentang layanan data center, salah satu yang sering kita jumpai adalah Colocation Data Center.

Ingin tahu pengertian Colocation Data Center lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya? Silahkan simak uraian kami berikut ini.

Pengertian Colocation Data Center

Colocation Data Center merupakan salah satu layanan umum data center yang memungkinan bagi pelanggan untuk meletakan komputer server mereka di data center milik perusahaan pemberi layanan.

Melalui pembahasan Perbedaan Data Center Vs Cloud ini, kita tahu bahwa data center merupakan ruangan dengan fasilitas lengkap yang digunakan untuk menyimpan komputer server. Ruang atau fasilitas ini sudah dioptimasi sedemikian rupa untuk memastikan komputer server bisa berjalan dengan keandalan, efisiensi, dan keamanan terbaik.

Alih-alih membangun Data Center Anda  sendiri dengan keamanan dan keefektivitasan yang belum bisa dipastikan, Anda bisa mempercayakan server anda di Data Center milik pihak ketiga yang sudah terbukti efektif dan berpengalaman dalam melayani pelanggan lainnya.

Sederhananya, Physical server atau hardware yang hendak digunakan adalah milik Anda, dan Anda akan menempatkan perangkat pendukung lainnya di data center milik pihak ketiga.

Kelebihan Colocation Data Center

Dengan menggunakan layanan Colocation Data Center, kira-kira saja apa yang akan kita dapatkan? Mari kita simak kelebihan Colocation Data Center berikut ini:

1. Keamanan Terjamin

Data termasuk salah satu aset yang sangat berharga. Layanan Colocation memungkinan pelanggan untuk mendapatkan keamanan makismal dari data yang ada di server mereka. Pemberi layanan akan memberikan pengamanan selama 24 jam untuk memastikan tidak ada pencurian, serangan seperti virus, atau ancaman lain yang mengganggu operasional server.

2. Infrastruktur yang Memiliki Redundansi

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika membangun data center, termasuk struktur bangunan hingga perangkat pendukung yang digunakan. Layanan Colocation memastikan anda mendapatkan benefit yang maksimal untuk menjaga beban kerja IT. Pihak pemberi layanan yang akan memastikan bahwa server Anda akan selalu dalam kondisi optimum, tanpa ada halangan seperti aliran listrik, pendinginan atau hal lainnya.

3. Lebih Hemat

Sebuah colocation Data Center memiliki banyak sekali fasilitas yang tidak hanya memaksimalkan performa, namun juga bisa membuat biaya operasional lebih hemat dibandingkan membangun Data Center sendiri.

Colocation Data Center yang sudah melayani berbagai pelanggan mampu untuk berinvestasi dalam infrastruktur IT yang andal. Lain hal jika Anda membangun Data Center sendiri, ini akan membutuhkan biaya, waktu, dan pengalaman yang tinggi hanya untuk menjalankan beban kerja  yang dapat menjadi berat secara finansial.

4. Jaringan Ekosistem 

Untuk melayani berbagai pelanggan, Colocation Data Center biasanya akan memilki ekosistem jaringan yang baik dengan bermacam penyedia jasa internet (ISP). Dengan adanya banyak ISP di dalem Data Center, maka pelanggan bisa mendapatkan jaringan berkualitas dan harga yang kompetitif untuk kebutuhan interkoneksi mereka.

5. Skalabilitas

Seiring dengan banyaknya jumlah data yang harus disimpan atau lini usaha yang terus meningkat, kebutuhan akan server tentu saja akan meningkat. Penyedia layanan Colocation Data center akan memberikan kapasitas dalam bentuk ruang dan daya untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda. Hal ini juga akan mempermudah pertumbuhan beban kerja IT Anda sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan Colocation

Melihat kelebihannya saja sepertinya tidak lengkap jika kita tidak membandingkannya dengan kekurangannya juga. Apa saja kekurangan Colocation Data Center?

  • Akses ke Fisik Server: Untuk melakukan akses ke data yang tersimpan memang kita bisa memanfaatkan koneksi internet, namun jika ingin mengakses hardware, Anda perlu datang langsung ke yang bisa jadi letaknya jauh dari kantor Anda.
  • Kontrol Akses: Sebagai bagian untuk memberikan keamanan pada layanan, perusahaan data center biasanya memiliki aturan ketat dalam pemberian akses. Perusahaan pelanggan secara terencana memastikan petugas mereka dapat mengakses Data Center dalam waktu yang sudah dijadwalkan.

Pelajari tentang hak dan opsi data Anda. Dengan melanjutkan penggunaan edge.id, Anda mengakui dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi kami.