Perbedaan Data Center Vs Cloud, Keunggulan dan Kekurangan

Perbedaan Data Center Vs Cloud, Keunggulan dan Kekurangan

By Published On: Oktober 28, 2022Categories: Artikel
Ilustrasi Komponen dari Layanan Cloud

Data sudah menjadi salah satu elemen penting bagi organisasi untuk menjalankan operasionalnya, terlepas dari bidang apapun yang ia jalani. Melalui data, kita bisa melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dimulai dari membantu membuat keputusan yang objektif, melakukan identifikasi terhadap pattern suatu objek, sampai dengan meningkatkan layanan sebuah organisasi.

Dan untuk mengimplementasikan hal ini, terdapat dua pilihan yang umum digunakan, yakni Data Center dan Cloud. Apa sebenarnya Data Center dan Cloud itu? Dan mana sebenarnya pilihan terbaik untuk sebuah bisnis? Pembahasan kali ini akan membantu pemilik bisnis untuk menemukan layanan yang tepat.

Apa itu Data Center?

Data Center dapat didefinisikan sebagai infrastruktur TI atau fasilitas jaringan komputer lengkap dengan komponennya, yang dapat digunakan oleh sebuah organisasi untuk memproses data dalam jumlah yang besar (Big Data).

Dengan Data Center, perusahaan memungkinkan untuk memproses, mengorganisasi, menyimpan, dan mendistribusikan data dengan jangkauan kustomisasi yang lebih luas dan sistem keamanan yang lebih baik.

Apa itu Cloud?

Cloud dapat didefinisikan sebagai sekelompok layanan jaringan server dengan proses yang unik yang juga dapat digunakan untuk memproses, menyimpan, dan mendistribusikan data.

Meski Cloud juga memiliki bentuk fisik dan juga bagian dari Data Center, namun hampir sebagian besar layanan Cloud Indonesia tidak mengacu pada entitas fisik, ini adalah layanan jaringan server yang bisa diakses secara remote melalui jaringan internet.

Perbedaan Data Center Vs Cloud

Pada intinya, data center merupakan ruangan khusus untuk infrastruktur IT. Cloud juga terdapat dalam Data Center, namun pengaksesannya menggunakan metode komputasi yang terhubung ke internet. Jadi fungsi utama dari Data Center atau Cloud, memang sama-sama menyimpan dana memproses file Data.

Agar kita bisa memahami dua hal ini dengan lebih baik, berikut kami jabarkan perbedaan antara Data Center dan Cloud:

Data CenterCloud
Data Center merupakan sumber daya dalam bentuk fisik yang bisa membantu perusahaan untuk memproses, menyimpan, mengorganisir, dan mendistribusikan data.Cloud merupakan sumber daya virtual yang bisa digunakan untuk memproses, menyimpan, mengorganisir, dan mendistribusikan data.
Biaya berbasis investasi tergantung pada perencanaan dan kebutuhan workload yang digunakan (CAPEX-driven)Biaya berdasarkan penggunaan tergantung pada workload yang digunakan (OPEX-driven)
Perusahaan membutuhkan SDM yang sudah berpengalaman untuk bisa mengoperasikan Data Center dengan baik.Cloud lebih mudah untuk dioperasikan, jika kita bandingkan dengan Data Center.
Data Center biasanya digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan sumber daya penyimpanan dengan level keamanan yang lebih tinggi .Cloud biasanya digunakan oleh individu atau organisasi dengan proyek yang tidak membutuhkan keamanan level tinggi.

Keunggulan dan Kekurangan Data Center dan Cloud

Melalui perbedaan diatas, sudah bisa mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang Data Center dan Cloud. Untuk memudahkan memilih layanan yang cocok, berikut akan dibahas juga kelebihan dan kekurangan dari Data Center dan Cloud:

Keamanan

Jika kita lihat dari segi keamanan, Data Center tentu saja lebih unggul. Pada Data Center, pihak internal perusahaanlah yang membangun, mengelola dan mengoperasikannya. Dengan begini, resiko akan terjadinya kebocoran data jauh lebih kecil.

Lain halnya pada Cloud, disini kita akan melibatkan pihak ketiga selaku pemberi layanan, yang artinya tingkat keamanan dari data yang kita host di server sangat bergantung pada seberapa profesional dan andalnya perusahaan pemberi layanan Cloud itu sendiri.

Biaya

Jika kita bandingkan secara apple to apple, biaya yang dibutuhkan ketika kita ingin berinvestasi pada Data Center dibandingkan Cloud memang lebih murah Cloud. Namun sayangnya ini bukan produk yang secara kualitas dan kuantitas sama.

Data Center lebih mahal, namun perusahaan akan mendapatkan performa yang lebih baik, dan tingkat keamanan yang lebih baik. Sedangkan Cloud, performa dan tingkat keamanannya ada di bawah Data Center.

Jadi mana yang lebih murah antara Data Center dan Cloud? Tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Penutup

Memilih layanan yang tepat untuk memastikan operasional perusahaan bisa berjalan dengan lancar merupakan hal yang penting. Kini saatnya untuk memilih, apakah ingin menggunakan Cloud atau Data Center seperti EDGE DC yang merupakan penyedia layanan data center dengan latensi yang rendah.

Share our story!

Virtus Technology Indonesia Gelar Virtus Showcase 2022: Bahas Distributed Enterprise dan Ekosistem Edge Computing
Rak server dengan beberapa lampu yang mengindikasi normal dan error4 Jenis Layanan Data Center Yang Bisa dipilih Perusahaan, Mana Yang Terbaik?