Berkomitmen Dukung Netralitas Karbon, EDGE DC Gunakan Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN

Berkomitmen Dukung Netralitas Karbon, EDGE DC Gunakan Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN

By Published On: Mei 12, 2022Categories: Berita

Jakarta, 12 Mei 2022 – PT Ekagrata Data Gemilang (“EDGE DC”), perusahaan dan operator data center unggulan dalam latensi rendah dan carrier-neutral di pusat kota Jakarta, resmi menjadi data center pertama di Jakarta yang menggunakan Renewable Energy Certificate (“REC”) dari PLN. REC sendiri merupakan inovasi PLN di bidang energi yang dirancang untuk meningkatkan bauran energi bersih di Indonesia hingga 25% pada tahun 2025. Inisiatif ini adalah bagian dari komitmen EDGE DC untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, khususnya di sektor energi hijau.

Menurut data International Energy Agency (“IEA”) tahun 2020, penggunaan listrik global untuk kebutuhan data center mencapai 250 Terrawatt-hour (“TWh”) atau sekitar 1% dari konsumsi keseluruhan. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi digital dan meningkatnya permintaan jasa infrastruktur teknologi informasi, EDGE DC, sebagai purpose-built data center yang terletak di pusat kota Jakarta, turut mendukung teknologi rendah karbon yang disediakan oleh PLN melalui penyerahan REC pada hari ini.

“REC dari PLN merupakan komitmen EDGE DC di industri data center terhadap energi terbarukan yang salah satunya bersumber dari panas bumi. Dengan pengadaannya yang transparan, kami yakin inovasi PLN ini sejalan dengan tujuan kami untuk mendukung target berkelanjutan dari pelanggan kami.” ujar Stephanus Oscar, CEO dari EDGE DC.

Naz Ghouse, selaku Direktur ESG (Environmental, Sustainability and Governance) dari Digital EDGE juga menjelaskan, ”Sesuai dengan Laporan ESG yang baru kami publikasikan, kami berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari seluruh fasilitas data center yang beroperasi dan mencapai netralitas karbon di tahun 2030. Pembelian listrik dari PLN dengan energi terbarukan merupakan salah satu strategi pengurangan emisi yang kami pilih untuk fasilitas data center kami di Indonesia, yaitu EDGE DC.”

“Kami sangat mengapresiasi komitmen EDGE DC untuk menggunakan produk energi bersih REC, salah satu inovasi green product dari PLN untuk mempermudah pelanggan mendapat pengakuan atas penggunaan sumber energi terbarukan yang transparan, akuntabel, dan diakui secara internasional tanpa mengeluarkan biaya investasi untuk infrastruktur. Selama tahun 2022 PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya telah memasok 9.231 unit REC atau setara dengan 9.231 MWh energi terbarukan kepada pelanggan di Jakarta. Kontribusi EDGE DC melalui REC ini merupakan komitmen yang patut dititikberatkan untuk mendukung Jakarta yang lebih hijau, serta merupakan aksi nyata mendukung program pemerintah menuju Indonesia Net Zero Emission di tahun 2060.” Ungkap Doddy B Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya.

Dari data PLN menunjukkan, potensi kebutuhan listrik untuk data center diperkirakan sebesar 300 MVA di tahun 2022 ini, dan masih akan terus bertambah. PLN juga menyediakan listrik premium dengan keandalan pasokan multi sumber untuk mendukung keandalan listrik untuk data center. Penggunaan sistem Automatic Change Over (“ACO”), melengkapi keandalan pasokan listrik premium, sehingga apabila sumber listrik utama mengalami gangguan akan segera dipindahkan ke sumber listrik cadangan. Keandalan adalah sebuah faktor penting dalam pengoperasian data center dan dengan menggunakan sistem ini juga akan menjamin layanan tanpa gangguan kepada pelanggan EDGE DC.

“Kondisi kelistrikan di Jakarta dalam kondisi aman. DKI Jakarta sendiri dipasok dari 6 subsistem dengan total kapasitas sebesar 11.093 Megawatt (MW) dan beban puncak tertinggi pada 2022 yaitu sebesar 5.351 MW. Silakan berbisnis di Jakarta, urusan listrik andal serahkan PLN,” tutup Doddy dengan optimis.

***

Tentang PT. Ekagrata Data Gemilang (“EDGE DC”) Didirikan pada tahun 2018, PT Ekagrata Data Gemilang adalah anak perusahaan dari penyedia jasa internet komersial pertama (“ISP”) – Indonet (IDX:EDGE) dan berafiliasi dengan pusat data tingkat IV pertama di Indonesia – DCI Indonesia (IDX:DCII). EDGE menyediakan fasilitas pusat data untuk mendukung pengaplikasian generasi selanjutnya dalam latensi rendah bagi pengguna akhir. EDGE merupakan sedikit dari beberapa pusat data yang sengaja dibangun di pusat kota Jakarta, sehingga dekat dengan pusat pertukaran internet dalam penyediaan konektivitas. Sejak Juni 2021, Digital Edge (Hong Kong) Ltd pun telah resmi menjadi pemegang saham mayoritas dari Indonet.

Tentang Digital Edge Berpusat di Singapura, Digital Edge merupakan sebuah perusahaan data center yang terpercaya dan progresif, yang dibentuk untuk mentransformasi infrastruktur digital di Asia. Melalui pembangunan dan pengoperasian data center yang modern, hemat energi dengan beragam pilihan konektivitas, Digital Edge bertujuan untuk menghadirkan pilihan colocation dan interkoneksi baru ke pasar Asia, membuat penyebaran infrastruktur di kawasan ini menjadi mudah, efisien, dan ekonomis.

Digital Edge didirikan oleh manajemen profesional dengan pengalaman industri selama puluhan tahun dan rekam jejak dalam value creation di data center, cloud, dan industri telekomunikasi di kawasan Asia-Pasifik. Dengan dukungan Stonepeak, Digital Edge memiliki komitmen modal lebih dari 1 miliar Dolar AS untuk membangun data center platform pan-Asia yang terdepan di wilayahnya. Ia juga menyediakan layanan data center dan fiber yang sudah beroperasi di Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Filipina.

Tentang PLN PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya adalah salah satu unit di bawah PT PLN (Persero) yang menjalankan fungsi pendistribusian listrik sampai ke pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. Mengimplementasikan aspirasi tersebut yang dengan tetap mendukung program Pemprov DKI Jakarta, PLN UID Jakarta Raya melengkapi dengan Jakarta Smart Electricity for City of Collaboration dengan 5 pilar yaitu Smart Services, Smart Business, Smart Infrastructure, Smart Living, dan Smart Mobility. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

Terkait kebutuhan listrik yang ramah lingkungan, pelanggan dapat melakukan pembelian REC PLN, baik untuk individu maupun korporasi, melalui website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate.

Share our story!

Kerjasama Strategis antara pusat data EDGE DC dan APJII Mendukung Pertumbuhan Konektivitas Internet di Indonesia
Mendukung Percepatan Transformasi Digital Nasional; Digital Transformation Indonesia Conference & Expo 2022 (DTI-CX) Resmi Digelar