Apa itu Internet Exchange Point? Bagaimana Manfaatnya

Berbicara tentang Data Center, kita akan membicarakan banyak hal, tidak hanya soal komputer Server, sumber listrik, dan internet saja, namun di dalamnya juga termasuk Internet Exchange Point yang sering disingkat sebagai IXP.

Peran Internet Exchange Point sendiri sangat fundamental, dengan adanya IXP, komputer server akan memiliki jalur pertukaran data yang efisien yang tidak hanya berpengaruh pada latensi, namun juga biaya operasional.

Kami akan menjelaskan lebih jauh tentang manfaat Internet Exchange Point pada Data Center, namun sebelum itu apakah Anda sudah tahu Pengertian Exchange Point itu sendiri?

Pengertian Internet Exchange Point

Internet Exchange Point merupakan sebuah infrastruktur dalam bentuk fisik yang memungkinkan Penyedia Layanan Internet (ISP) sampai perusahaan CDN (Content Delivery Network) bisa melakukan pertukaran traffic secara lokal dengan memanfaatkan antar jaringan yang mereka miliki.

Tujuannya untuk mendapatkan rute terpendek dalam mengirimkan data atau traffic lokal sehingga data tersebut cepat sampai pada tujuan.

IX (Internet Exchange) pertama kali ada di Indonesia pada tahun 1997, dan sebelum adanya IX, ketika kita hendak mengirimkan email atau mengirimkan data ke rekan kerja yang jaraknya hanya terpisah gedung, trafik atau data ini akan melalui jaringan luar negeri terlebih dahulu, ketika sudah sampai di luar negeri, data tersebut akan kembali dikirim ke indonesia yang menjadi lokasi si penerima.

Internet Exchange Point memangkas rute panjang tersebut untuk mendapatkan jalur yang paling efisien, karena dengan Internet Exchange Point seluruh anggota yang sudah berpartisipasi bisa saling terhubung secara lokal.

Infrastruktur ini memang sangat kompleks, namun biasanya IXP terdiri dari Server, Router, dan beberapa atau bahkan satu switch jaringan sebagai jalur lalu lintas atar masing-masing anggotanya. Agar bisa bekerja dengan maksimal, IXP biasanya ditempatkan pada beberapa titik, yang memungkinkan untuk trafik lokal bisa melakukan pertukaran dengan maksimal.

Manfaat Internet Exchange Point

Dari pembahasan di atas, mungkin Anda sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang manfaat Internet Exchange Point, salah satunya adalah agar data bisa terkirim secara lebih cepat. Namun jika kita telaah lebih lanjut, sebenarnya tidak hanya itu saja, kami akan jelaskan secara lebih detail di bawah ini.

1. Pengiriman Data Lebih Cepat

Dengan IXP, pengiriman data lokal untuk sampai pada tujuan tentu akan jauh lebih cepat, bahkan hingga dua kali dibandingkan dengan tidak menggunakan IXP, karena masing-masing anggota kini sudah bisa melakukan pertukaran trafik. Pada akhirnya kita akan memiliki server dengan tingkat Latency yang jauh lebih kecil, sehingga User Experience bisa lebih maksimal.

2. Meningkatkan Kualitas Akses

Dengan ditemukannya rute terbaik, tentu saja beban kerja server akan berkurang drastis, dan ini akan berdampak pada akses data yang jauh lebih stabil secara berkelanjutan. Adanya jaringan yang terhubung secara lokal ini pada akhirnya akan meningkatkan kualitas akses, baik bagi produsen bahkan sampai dengan konsumen konten lokal.

3. Biaya Operasional Menurun

Semakin besar trafik yang dibutuhkan untuk pengiriman data, maka Bandwidth yang dibutuhkan akan jauh lebih besar. Dan Bandwidth ini berbanding lurus dengan jumlah biaya yang dibutuhkan. Secara tidak langsung, Internet Exchange Point akan membantu kita menghemat biaya yang dibutuhkan untuk koneksi internet. Dari sisi perusahaan ISP, IXP juga membuat biaya maintenance infrastruktur jauh lebih terjangkau.

Itulah pengertian Exchange Point sampai dengan manfaatnya, di mana sebenarnya keuntungan dari IXP ini tidak hanya dirasakan oleh pengelola Data Center saja, namun pengguna juga akan mendapatkan manfaat berupa lalu lintas trafik data  yang jauh lebih cepat.

Categories

Pelajari tentang hak dan opsi data Anda. Dengan melanjutkan penggunaan edge.id, Anda mengakui dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi kami.