Sewa atau Membangun Data Center, Mana Pilihan Terbaik Bagi Perusahaan?

Ilustrasi dasbor analisis dengan latar belakang transparan

Sistem komputerisasi atau IT, kini sudah menjadi salah satu bagian penting untuk memastikan kontinuitas dan skalabilitas perusahaan. Dan berbicara tentang sistem komputerisasi, maka Data Center merupakan salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian serius.

Keberadaan Data Center tidak hanya memastikan bahwa pihak terkait bisa mengakses data yang dibutuhkan untuk keperluan operasional. Data Center yang baik juga harus memastikan bahwa fasilitasnya memiliki keamanan yang baik sehingga tidak dapat diakses secara fisik oleh pihak yang tidak berwenang.

Ketika perusahaan sedang berurusan dengan pengadaan Data Center, maka ada dua pilihan yang memungkinkan untuk dilakukan, yakni menyewa (outsource) atau membangun sendiri (self-build). Di antara dua pilihan ini? Mana pilihan yang terbaik?

Kelebihan dan Kekurangan

Bagi sebuah perusahaan, memiliki data center tidak hanya sebatas untuk meningkatkan nilai perusahaan di mata umum. Perusahaan yang memilih untuk membangun data center sendiri memiliki orientasi untuk memastikan keamanan data yang disimpan.

Namun pembangunan data center pada dasarnya juga memiliki banyak tantangan. Tantangan yang pertama tentu saja modal awal.

Tidak hanya membutuhkan lahan yang aman dari bencana, namun ada juga kebutuhan lain yang nilainya tidak sedikit seperti pengadaan perangkat keras, konstruksi bangunan yang handal, instalasi jaringan dan kelistrikan, sistem pendingin ruangan, keamanan, dan juga SDM yang sudah tersertifikasi untuk mengoperasikan data center.

Tantangan yang kedua adalah masalah waktu. Karena tingkat kompleksitasnya, pembangunan data center tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Untuk Data Center Tiers 3 misalnya, proses pembangunan membutuhkan waktu, maksimal 15 sampai 20 bulan.

Singkatnya, ketika perusahaan memilih untuk membangun sendiri, perusahaan perlu mempertimbangkan biaya untuk pengadaan, pendistribusian, dan juga pemeliharaan yang tidak sedikit serta resiko ketidakpastian akan benefit yang tidak kalah tinggi.

Lalu bagaimana dengan menyewa data center? 

Jika pertimbangannya adalah kepraktisan dan modal yang lebih rendah, tentu saja menyewa data center bisa menjadi pilihan yang ideal.

Jika kita bandingkan dengan membangun sendiri, harga Sewa Data Center tentu saja jauh lebih rendah. Bahkan perusahaan bisa menyewa sesuai dengan kebutuhan. Jika terjadi peningkatan kebutuhan storage, perusahaan juga bisa upgrade ke kapasitas yang dibutuhkan.

Dengan menyewa, perusahaan juga mendapatkan kepastian akan benefit yang didapat, karena data center yang dibangun sudah disiapkan oleh pihak ketiga yang memiliki SDM tersertifikasi terkait Data Center.

Sedangkan dari segi waktu, sewa data center cenderung bisa dilakukan dalam tempo waktu yang lebih singkat. Tim IT perusahaan hanya perlu berkoordinasi dengan tim IT penyedia data center untuk melakukan beberapa penyesuaian. Pilihan ini cocok untuk yang membutuhkan data center dalam waktu yang dekat.

Mana Pilihan Terbaik Bagi Perusahaan?

Setiap pilihan, tentu saja memiliki beberapa kelebihan, kekurangan, dan risikonya masing-masing. Untuk menentukan mana pilihan yang terbaik bagi perusahaan, tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga penerimaan akan resiko yang mungkin akan terjadi.

Bagi perusahaan yang kebutuhan akan data center tidak bisa dihindarkan dan selalu bertambah, untuk strategi jangka panjang pilihan membangun sendiri mungkin bisa menjadi pilihan yang perlu dipertimbangan.

Namun perlu disadari bahwa pilihan ini membutuhkan modal yang besar serta risiko yang juga tidak kalah tinggi.

Sedangkan untuk menyewa data center, salah satu kekurangannya perusahaan harus menyiapkan biaya sewa dalam jangka waktu tertentu, dengan nominal yang sudah ditentukan. Namun, perusahaan bisa mendapatkan infrastruktur yang terpercaya dan minim akan risiko.Sebagai pilihan, EDGE DC merupakan salah satu penyedia Data Center yang bisa dipertimbangkan. Untuk memastikan keamanan dan keandalan layanan, EDGE DC sudah mengantongi beberapa sertifikasi seperti Tier III dari Uptime Institute, PCI DSS, OJK, hingga ISO 27001. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pilihan terbaik bagi bisnis Anda, hubungi tim EDGE DC. Kami siap memberikan solusi terbaik untuk infrastruktur IT Anda.

Pelajari tentang hak dan opsi data Anda. Dengan melanjutkan penggunaan edge.id, Anda mengakui dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi kami.