Biaya Listrik di Data Center: Berikut Cara Agar Lebih Energi Efisien

Biaya Listrik di Data Center: Berikut Cara Agar Lebih Energi Efisien

By Published On: Mei 6, 2023Categories: Artikel
a Electricity Cost in Data Center

Apakah Anda lelah dengan biaya listrik yang terus melonjak di Data Center Anda? Apakah Anda ingin membuat Data Center Anda lebih efisien secara energi, tetapi tidak tahu harus memulai dari mana? Jangan khawatir! Dalam artikel ini, EDGE DC akan menunjukkan strategi efektif untuk mengurangi konsumsi energi Data Center Anda, sehingga mengurangi biaya listrik.

Anda juga akan mempelajari tentang pentingnya membangun Data Center yang berkelanjutan atau Green Data Center dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan. Jangan lewatkan wawasan berharga ini – baca hingga akhir untuk mempelajarinya secara lengkap!

Memahami Biaya Listrik pada Data Center

Besarnya jumlah data yang perlu disimpan, dikelola dan diproses, membuat Data Center menjadi bagian penting dari infrastruktur komputasi saat ini. Namun, Data Center juga mengonsumsi jumlah energi yang besar, membutuhkan biaya listrik yang tinggi dan memiliki dampak lingkungan yang negatif.

Untuk memahami bagaimana cara membuat Data Center lebih efisien secara energi, penting untuk memahami faktor-faktor yang berdampak pada biaya listrik. Seperti daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan server dan perangkat keras lain adalah faktor utama yang mempengaruhi biaya listrik di Data Center. Ini tidak hanya mencakup energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan komponen Data Center, tetapi juga energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan dan mendukung keseluruhan operasinya.

Selain biaya tersebut, Data Center mungkin menghadapi biaya lain-lain seperti pajak,  , dan sebagainya, yang tentunya meningkatkan biaya operasional Data Center. Memahami faktor-faktor ini memungkinkan operator Data Center untuk mulai menjelajahi strategi dalam meningkatkan efisiensi energi dan menurunkan biaya listrik secara keseluruhan.

Memiliki Data Center yang Lebih Efisien

Kita sudah tahu bahwa Data Center memiliki konsumsi energi yang tinggi, dengan biaya listrik menjadi salah satu pengeluaran utamanya. Namun, dengan meningkatnya kesadaran untuk mengurangi jejak karbon dan mengadopsi praktik berkelanjutan, Green Data Center muncul sebagai solusi.

Green Data Center dirancang untuk mengoptimalkan konsumsi energi, menurunkan biaya operasional, dan meminimalkan dampak lingkungan. Salah satu komponen kunci dari green Data Center adalah penggunaan energi terbarukan, seperti angin atau surya, untuk menggerakkan fasilitas tersebut, daripada hanya mengandalkan sumber energi konvensional.

Untuk membuat Data Center lebih efisien dalam penggunaan energi, berbagai strategi juga dapat diterapkan. Contohnya:

  • PUE (Power Usage Effectiveness) adalah metrik utama untuk mengukur efisiensi Data Center. Pengukuran ini dapat digunakan oleh organisasi dan operator Data Center untuk memahami efisiensi Data Center mereka. Semakin rendah PUE, berarti semakin efisien operasional Data Centernya. PUE juga dapat digunakan untuk mengukur dampak perubahan apa pun yang dilakukan pada Data Center. Oleh karena itu, penting bagi operator center untuk memonitor PUE sebagai metrik utama dalam mengelola efisiensi Data Center mereka.
  • Infrastruktur listrik juga merupakan faktor kunci dalam meminimalisasi gangguan dari unit distribusi listrik dan Uninterruptible Power Supplies (UPS) dapat secara signifikan mengurangi konsumsi energi.
  • Meningkatkan manajemen aliran udara dengan mencegah bercampurnya udara panas dan dingin, dapat mengoptimalkan pendinginan sehingga mengurangi biaya listrik. 
  • Optimalisasi HVAC adalah komponen penting lainnya, karena sistem pendinginan dan kelembaban mengkonsumsi banyak energi. 
  • Menerapkan teknik pendinginan yang berkelanjutan seperti pendinginan udara dari alam, yang memanfaatkan udara luar untuk mendinginkan fasilitas, dengan ini operator Data Center juga dapat mengurangi biaya listrik.

Melalui adopsi strategi di atas dan membangun lebih banyak Green Data Center yang menggunakan sumber energi terbarukan, kita mengusahakan depan yang lebih berkelanjutan dan efisien secara energi.

Memiliki Data Center yang efisien menawarkan beberapa manfaat, seperti:

  • Penggunaan daya yang lebih efisien (PUE yang lebih rendah), yang berarti beban biaya listrik juga lebih rendah. Penghematan ini dapat diteruskan kembali kepada pelanggan dalam bentuk pengurangan tagihan.
  • Jejak karbon yang lebih kecil, yang merupakan langkah penting menuju pencapaian keberlanjutan dan sangat dihargai oleh perusahaan teknologi saat ini.

Kesimpulan

Efisiensi energi adalah faktor penting pada Data Center modern saat ini, hal ini juga bertujuan untuk meminimalkan biaya operasional dan mengurangi dampak lingkungan yang terjadi. Melalui penggunaan energi terbarukan, mengoptimalkan infrastruktur daya, dan menerapkan sistem pendinginan dan kelembaban yang efisien, operator Data Center dapat secara signifikan mengurangi konsumsi energi dan biaya listrik.

EDGE DC adalah Green Data Center terkemuka di Indonesia dan Data Center pertama yang berlokasi di pusat kota Jakarta yang memiliki Sertifikat Energi Terbarukan (REC). Selain itu, fasilitas kami yang akan datang – EDGE2 akan menggunakan teknologi pendinginan canggih yang dapat secara signifikan mengurangi efektivitas penggunaan daya (PUE). Dengan bekerjasama dengan EDGE DC, Anda tidak hanya mendapatkan akses ke layanan dengan skalabilitas tinggi dan rendah latensi, juga dapat mengurangi beban listrik Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana EDGE DC dapat membantu Anda mengurangi biaya listrik Data Center Anda, silakan kirim pertanyaan Anda pada formulir kontak di bawah ini.

Share our story!

Maximizing Big Data Potential through Data CentersMaksimalkan Potensi Big Data Melalui Data Center
Guide to Find The Best SystemPanduan Memilih Sistem Integrator Terbaik untuk Bisnis Anda